Tips membeli barang

Siapapun kita dan apapun profesi kita, kita pasti pernah bertransaksi dengan orang lain entah itu kita sebagai penjual atau pembeli. sebagai seorang penjual tentunya kita akan senang kalau kita barang yang kita jual terjual dengan harga yang kita harapkan, begitu juga  kalau kita sebagai pembeli tentunya akan suka kalau barang yang kita beli sesuai dengan yang kita harapkan. Nah sebagai pembeli atau customer tentunya kita akan kecewa kalau barang yang kita beli tidak sesuai dengan iklan atau yang kita harapkan, karena itu disini saya akan memberikan tips-tips umum yang bisa anda lakukan supaya tidak tertipu oleh penjual yang kurang bertanggung-jawab.

1. Cari info barang

Yang pertama cari info sebanyak-banyaknya tentang info barang yang akan kita beli, jangan terpaku dengan satu merek bahkan akan lebih bagus jika Anda melihat berbagai merek, kecuali Anda sudah fanatik dengan satu merek. . Misalnya Anda ingin membeli motor akan lebih baik jika kita melihat motor -motor dari berbagai merek karena mungkin saja ketika melihat-lihat kita akan mendapat info tentang motor yang lebih bagus, lebih komplit fiturnya dan harganya pun sama dengan yang awalnya mau kita beli

2. Tanyaka keunggulan barang

Selalu tanyakan keunggulan barang yang akan kita beli dibanding merek lain. Misalnya kita tanyakan “dengan harga yang sama saya bisa mendapatkan barang dengan spesifikasi yang lebih komplit di merek lain”, dengan menanyakan hal seperti ini tentunya kita akan dijelaskan spesifikasi barang yang lebih mendetail daripada Anda cuma iya-iya saja ketika membeli. Kemudian hal ini akan membuat penjual melayani kita dengan lebih sepenuh hati. Hal ini dikarenakan penjual akan berpikir jika tidak melayani dengan baik maka kita akan beralih ke penjual lain.

3. Tanyalah detail barang yang dijual

Ini adalah hal utama yag harus ditanyakan, apalagi jika Anda membeli barang second. Jangan sungkan untuk bertanya misalnya kapan barang dibeli? kelengkapan apa saja? kondisi barang seperti apa? spesifikasi barang dll. Yang terpenting dalam bertanya kita harus sopan dan menghargai penjual seperti kita tidak beberapa kali menelepon penjual hanya karena sms kita lama dibalas karena bisa saja penjual sedang berada di jalan atau keadaan dimana dia tidak bisa segera membalas sms kita.

4. Tanyakan garansi

Kalau kita membeli barang dalam keadaan baru tanyalah apa kita mendapat garansi atau tidak?. Kemudian berapa lama garansi? kemudian hal-hal apa saja yang ditanggung oleh garansi? dan yang terpenting jangan lupa menanyakan hal-hal apa saja yang membuat garansi kita tidak berlaku atau hangus? dan jangan lupa mencari tahu berapa lama proses garansi, hal ini dikarenakan kadang kita merasa dipermainkan ketika ingin mengklaim garansi  sehingga kalau kita sudah mencari tahu di awal tentunya kita tidak akan berpikiran seperti itu.

5. Tanyakan riwayat barang

Misal kita ingin membeli kendaraan ada baiknya selain kita tanya ke penjualnya kita mencari tahu juga ke bengkel tempat bisanya kendaran itu diservis. seperti misalnya kita ingin membeli mobil ada baiknya kita tanya ke bengkel tempat biasa dia servis kemudian kita minta riwayat kendaraan. karena biasanya dibengkel resmi semua riwayat kendaran yang pernah masuk ke bengkel resmi terekam semua.

6. Mencoba barang dan utamakan COD

Kita tidak akan yakin sebelum mecoba. Ya menurut saya itu memang benar apalagi kalau kita akan membeli barang second. Jadi usahakan kita selalu mencoba apa yang akan kita beli dan kalau bisa selalu utamakan COD jika kita akan membeli barang secara online. atau jika kita ingin membeli barang kodisi baru maka mintalah barang untuk test drive hal ini tentunya akan lebih menyakinkan kita daripada kita mengetahuinya dari review orang lain.

7. Ajaklah orang yang berpengalaman dibidangnya

Ada baiknya jika kita membeli barang kita mengajak orang yang berpengalaman atau mengetahui barang yang akan kita beli, sehingga kita akan merasa lebih yakin terhadap kualitas barang dan tentunya resiko kita akan tertipu juga semakin kecil.

Nah review diatas adalah beberapa tips dari saya supaya kita bisa terhindar dari para penjual yang kurang bertanggung jawab. Namun tentunya kita harus selalu waspada jika bertransaksi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s